02 Juli 2010

Dua Penghuni Lapas Kabur

LUBUKLINGGAU-Petugas jaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lubuklingau, Kamis (1/7) sekitar pukul 05.00 WIB kecolongan. Pasalnya dua orang penghuni Lapas kabur, yakni Feri Saputra (20) warga Jl Kenanga II Kelurahan Kenanga Kecamatan Lubuklinggau Utara II dan Firmansyah (23) warga Desa Sukarame Kecamatan Sumber Harta.

Kalapas Lubuklinggau Badinsin Gumay kepada Musirawas Ekspres membenarkan keduanya kabur dari lapas. Menurutnya Feri Saputra adalah napi kasus pencurian yang sudah divonis selama satu tahun enam bulan, dan sudah menjalani selama enam bulan.
Kemudian Firmansyah adalah terdakwa kasus perampokan, ia masih dalam proses persidangan di Pengadilan Negeri Lubuklinggau. “Firmansyah sudah berada di dalam tahanan sekitar tiga bulan,” jelasnya.

Menurut Badinsin, keduanya kabur pada Rabu (30/6) malam memanfaatkan hujan deras. Caranya mereka memotong trail, kemudian meloncati tembok depan lapas. Keduanya turun dari tembok menggunakan kain yang disambung-sambung.

Diketahuinya ada tahanan kabur ketika petugas jaga hendak memberikan sarapan kepada para penghuni lapas. “Awalnya petugas jaga hendak mengantarkan nasi, ketika sampai di Blok Bougenville tepatnya di kamar keduanya, ternyata isi sel hanya dua orang sementara penghuninya empat orang,” jelas Badinsin.

Setelah diperiksa ternyata ada bagian trail yang terpotong. “Pada saat malam itu ada enam petugas jaga beserta komandan jaga. Diduga dikarenakan hari hujan deras sehingga penjaga tertidur sehingga tidak mengetahui dua tahanan tersebut kabur melalui pagar depan dengan menggunkan kain untuk turun dari pagar tersebut,” tambah Badinsin.

Peristiwa ini ditambahkan Kalapas sudah dilaporkan ke Polres Lubuklinggau dan Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sumsel di Palembang. Selain itu pihaknya juga melakukan pencarian.

“Dugaan kaburnya dua tahanan tersbut diduga dikarenakaan adanya kelalaian atas petugas jaga dan mengenai kelalaian tersebut akan diberikan sanksi sesuai dengan tingkat kesalahannya. Hanya saja sanksi tersebut langsung oleh kantor wilayah,” pungkas Badisin Gumay.(ME-04)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More