08 Juli 2010

Mukhlis: Waspada Penipuan dengan Modus Sertijab

LUBUKLINGGAU- Maraknya penipuan dengan modus undian atau mengatasnamakan pihak tertentu. Kapolres Lubuklinggau AKBP Mukhlis mennghimbau pada masyarakat agar lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan penipuan dengan modus tersebut. Apalagi dalam waktu dekat akan ada serah terima jabatan (sertijab) Kapolres.

“Masyarakat agar lebih waspada dan tidak mudah percaya dengan penipun dengan mous undian ataupun modus yang mengatasnamakan pihak tertentu dengan dalih memberikan harapan-harapan dengan tujuan meminta mngrimkan uang. Karena hal tersebut merupakan 100 persen penipuan. Untuk itu masyarakat jika mendapatkan telpon seperti itu jangan langsung percaya dengan hal tersebut dan harus chek dan ricek terlebih dahulu serta konfirmasi ke pihak lain,” ungkapnya.

Seperti halnya setiap pergantian pejabat atau sertijab, sangat sering terjadi penipuan dengan modus mengatasnamakan pejabat baru. Seperti meminta fasilitas dan meminta kiriman uang.

Karena itu, ia mengharapkan tidak mudah percaya dengan penipuan dengan modus tersebut. Apalagi pelaku belum tentu berada di Lubuklinggau, Jika terjadi hal seperti itu diharapkan masyarakat agar melapor atau konfirmasi ke Polres Lubuklinggau,” tuturnya.

Hanya saja diakui Mukhlis, untuk mengungkap pelaku penipuan dengan mous tersebut tidak mudah. Karena dibutuhkan alat khusus untuk penyadapan titik kordinat di mana temapat pelaku menelpon. “Alat tersebut sudah ada, tapi di Jakarta untuk di Polres Lubuklinggau sendiri belum memiliki,” ungkapnya.

Untuk itu pihaknya tak henti-hnti menghimbau pada masyarakat untuk melaporkan terlebih dahulu ke pihak bersangkutan jika mendapatkan telpon serti hal tesbut yang menggunakan identitas palsu seperti itu. “Jangan setelah menngirimkan uang dan tahu penipuan baru melapor,” ungkpanya.(ME-04)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More