07 Juli 2010

BPMPD Rencanakan Outbound Kades

MUSI RAWAS-Dalam proses pembinaan kepada aparatur desa dan kelurahan secara menyeluruh, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas merencanakan out bound lanjutan.
Kegiatan yang dikhususkan bagi kepala desa dan lurah itu akan kembali digelar setelah Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) belum lama ini mengadakan out bound di Desa Sukakarya Kecamatan STL Ulu Terawas yang pada waktu itu hanya menyertakan 80 kepala desa sebagai peserta.

“Setelah beberapa waktu lalu kami menggelar pelatihan peningkatan kapasitas kepala desa se Kabupaten Musirawas (80 kades) di Desa Sukakarya STL Ulu Terawas, kemungkinan besar kami akan menggelar kegiatan lanjutan supaya seluruh kades termasuk lurah mendapat kesempatan mengikuti out bound ini,” kata Kepala BPMD, Mefta Joni.

Diakuinya, hanya saja sejauh ini masih dalam tahap perencanaan, sehingga pihaknya belum bisa memastikan mengenai waktu dan tempat pelaksanaannya.

“Untuk waktunya belum bisa kami pastikan, tapi yang jelas akan kita prioritaskan kegiatan itu bisa dilakukan tahun ini (2010). Karena pada tahun depan (2011) akan digelar kegiatan jambore yang diikuti oleh seluruh kepal desa yang sudah mengikuti out bound dalam angkatan pertama (80 kades),” terang Mefta didampingi Kabid Pemerintah Desa Yulius Adi.

Mefta kembali menjelaskan, kegiatan pelatihan di alam terbuka sebagai bagian dari rangkaian kegiatan pembinaan aparatur desa beberapa waktu lalu sangat penting dilakukan dalam upaya pembinaan secara psikologi, kepemimpinan hingga kedisiplinan.
“Materi pembinaan di lapangan akan lebih menekankan terhadap factor psikologis dalam statusnya sebagai seorang pemimpin, kemudian ada juga pembinaan dengan materi kedisiplinan dalam bertugas,” ujarnya.

Kemudian Yulius Adi menambahkan, Kabupaten Musi Rawas yang memiliki kepala desa dan lurah yang berjumlah 277, maka untuk angkatan kedua kegiatan out bound setidaknya akan diikuti oleh 197 Kades maupun Lurah (277 dikurangi 80 angkatan pertama).

Sementara itu, Bupati Ridwan Mukti dalam kesempatan membuka acara out bound angkatan pertama di Sukakarya Terawas beberapa lalu meminta supaya bentuk kegiatan di lapangan itu bisa disinkronkan dengan materi pembinaan yang sudah disampaikan sebelumnya guna penerapan pelayanan publik yang maksimal.(ME-05)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More