01 Juli 2010

40 Persen Jalan Di Linggau Rusak

LUBUKLINGGAU- Sekitar 40 persen ruas jalan diwilayah Kota Lubuklinggau mengalami kerusakan. Dinas terkait belum dapat memperbaiki secara totalitas kerusakan jalan itu dikarenakan terkendala anggaran yang kurang memadai.

seperti diungkapkan Kepala Dinas Pengerjaan Umum (PU) Kota Lubuklinggau Herman Derah melalui Kabid Bina Marga (BM), K Bahermansyah, kepada Musirawas Ekspres di perkantoran Walikota saat menghadiri rapat pembahasan anggaran perubahan 2010, Rabu (30/06).
Dikatakanya kerusakan jalan itu sudah diinventarisir oleh pihaknya. “Sekitar 40 persen jalan yang rusak, tapi belum dapat diperbaiki seluruhnya karena anggarannya terbatas,” ujarnya.

Dia memprediksi, ajuan dana perbaikan jalan dan jembatan sekitar 140 paket masih dalam pembahasan anggaran perubahan tahun ini belum dapat direalisasikan sepenuhnya.

“Kami mengajukan anggaran dalam ABT sekitar Rp. 30 miliar untuk 140 paket, tapi kemungkinan besar tidak dapat dicairkan semua karena terbatas anggaran, itu pun belum dibagi dengan Dinas lainnya,” kata Baher.

Menurutnya, penyebab utama kerusakan jalan yang kerap terjadi diwilayah Kota Lubuklinggau selama ini tidak hanya sekedar oleh faktor alam, melainkan minimnya anggaran untuk membangun atau memerbaiki jalan atau jembatan.

“Pembangunan dan perbaikan jalan yang dilakukan biasanya hanya 1-2 lapis saja, lebih dari itu belum dapat dikerjakan,” pungkasnya.

Seperti jalan yang berada di Kelurahan Air Kuti Kecamatan Lubuklinggau Timur I, bagian pinggir jalan sudah mengalami kerusakan yang cukup parah, tentu kondisi tersebut banyak dikeluhkan masyarakat bukan hanya masyarakat setempat melainkan pengendara yang melintas di jalan tersebut.

“Jalan itu sudah lama longsor, tapi belum juga diperbaiki. Jika dibiarkan begitu saja, maka akan bertambah parah dan menggangu warga yang melintas,” ungkap Dedi.(CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More