13 Mei 2013

Dua Kecamatan Diserang Lalat

Lalat yang berada di Kelurahan Karang Dapo


Dua Kecamatan Diserang Lalat

MUSI RAWAS-Dua kecamatan yang berada di Musi Rawas bagian Utara terserang gerombolan lalat yakni Kecamatan Karang Jaya dan Kecamatan Rupit. Lalat tersebut diduga berasal dari peternakan ayam yang berada di pemukiman warga.

Pantauan Musirawas Ekspres, lalat tersebut berada sekitar sebulan ini lalat tersebut banyak berada di warung-warung serta rumah warga, untuk menghalau lalat warga  menyalakan lilin serta pebasmi serangga guna mengusir lalat yang beterbangan di sekitar pemukiman.

Camat Rupit, Firdaus mengatakan, terkait banyak lalat diwilayahnya pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan, hal tersebut dilakukan jangan sampai lalat menganggu aktifitas masyarakat, terlebih lagi membawa penyakit yang menular kepada masyarakat.

Berdasarkan pengamatannya, akibat kosongnya isi peternakan, lalat beralih masuk kepemukiman warga. “Disini memang ada peternak ayam yang awalnya memulai usahanya kecil, namun lama-kelamaan jumlah peternaknya makin membesar. Warga disini rata-rata bukan pengusaha, ayam namun ada pengusaha yang menitip ayamnya lalu ayam tersebut dibesar kemudian diambil oleh pengusaha,” ujarnya.

Penertiban terhadap peternakan ayam ini dilakukan secara bertahap, karena kandang peternakan ayam tidak diperkenankan terlalu dekat dengan pemukiman. “Saya juga himbau kepada kepala desa untuk membantu menertibkan peternak ayam yang beroperasi di tengah pemukiman warga ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, Andi (36) warga Kelurahan Muara Rupit mengatakan, pihak BLHD Musi Rawas cepat mengambil tindakan untuk mengetahui secara pasti apa penyebab dari banyaknya lalat akhir-akhir ini, “karena yang memiliki kewenangan serta kompetensi untuk menganalisa yakni BLHD,” pungkasnya.(ddp/mnr)


0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More