30 September 2008

Terminal Tipe A Masih Terbengkalai

MUSI RAWAS-Terminal Tipe A di Kelurahan Tanah Periuk Kecamatan Lubuklinggau Selatan I Kota Lubuklinggau milik Pemkab Mura terkesan makin terbengkalai. Puluhan petak kios dan tempat tunggu penumpang lengang dan sesekali menjadi tempat istirahat hewan ternak. Bangunan serta sarana dan prasarana yang dibangun dengan dana tidak sedikit di Terminal ini mulai rusak tanpa digunakan atau tidak jelas manfaatnya.
 Aktivitas Terminal Tipe A yang didirikan diatas lahan seluas satu hekter lebih hingga 2008 ini belum difungsikan secara maksimal. Akibatnya besarnya anggaran untuk pembangunan Terminal Tipe A dirasakan tidak sebanding dengan pendapatan atau income daerah dari sana.
 Dikatakan demikian karena angkutan desa (Angdes) serta bis antar provinsi tidak lagi singgah ke terminal, hanya dikenakan biaya retribusi kendaraan. Akibatnya berdampak pada aktivitas petak kios di lingkungan terminal yang sama sekali tidak tampak adanya rutinitas sebuah terminal. 
 Salah seorang sopir Angdes jurusan BTS ulu Cecar, Pendi mengatakan, ada baiknya instansi terkait kembali berupaya untuk mengoptimalkan Terminal Tipe A Kabupaten Mura. Sebab tidak optimalnya terminal tipe A mengakibatkan kendaraan yang berasal dari desa lebih memilih mangkal di Terminal Pasar Muara Lubuklinggau dengan luas yang terbatas. 
 “Jika pemerintah dapat mengoptimalkan tempat ini tentu saja ada banyak usaha, kios yang rata-rata kosong akan diisi oleh para pedagang dan gedung-gedung ini juga akan terawat,” tukasnya. (ME04)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More