27 September 2008

Rp 80 Juta untuk Pembangunan Kawasan Agropolitan

*Dalam APBD 2008
MUSI RAWAS – Pembangunan infrastruktur di pusat Pemerintahan Pemkab Mura serta kawasan Agropolitan Center di Kecamatan Muara Beliti tahun ini intensitasnya makin tinggi. Hal ini didukung dengan anggaran yang memadai yakni total Rp 80 milyar dari APBD Mura 2008.
 “Pembangunan infrasruktur di pusat pemerintahan dan kawasan Agropolitan Center di Kecamatan Muara Beliti sudah dimulai. Total keseluruhan sekitar Rp 80 milyar,” kata Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang, Ir H Aidil Rusman MM melalui Kabid Program, Ristanto ST kepada Musirawas Ekspres. Dikatakan Ristanto, khusus pembangunan gedung kantor di pusat pemerintahan pada 2008 ini terdiri dari sembilan SKPD meliputi, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pertambangan dan Energi, BPMD, Dinas Sosial, Dinas PU Bina Marga, Dinas PU Cipta Karya, Dinas Catatan Sipil, serta Dinas Perhubungan dan Kehutanan.
 “2008 ini, pembangunan sembilan SKPD sudah dimulai, sesuai isi kontrak, pembangunan gedung terhadap pihak rekanan berakhir Desember 2008,” jelasnya.
Selanjutnya, mengenai gedung SKPD yang sedang dibangun tersebut rencananya akan difungsikan pada 2009 kedepan secara bertahap. “Kita Usahakan 2009 semua SKPD sudah bisa pindah ke Muara Beliti,” katanya.
 Mengenai kelistikan di kawasan pemerintahan tersebut, kata Ristanto pihaknya terus berkoordinasi dengan PT PLN. “Pemasokan listrik kita akan berkoordinasi dengn PT PLN,” katanya. 
 Selain pembangunan kantor, infrastruktur penunjang kawasan ibukota Kabupaten Mura pada 2008 ini mulai dikerjakan, yakni pembangunan alun-alun tahap I meliputi sarana dan prasarana Driving golf dan Tracking. “Juga dilakukan pembangunan simpang tiga Muara Beliti,” tukasnya.
 Dilanjutkan Ristanto, pembangunan penyelesaian terhadap 50 pintu Ruko di kawasan Agropolitan juga akan dilakukan, serta pembunganan terminal agropolitan di sekitar ruko. “Selian Agropolitan Center, pembangunan di lima Agropolitasn Distrik juga dilaksanakan,” katanya dan menambahkan pembangunan Drainase di kawasan kantor juga dilaksanakan. 
 Kata Ristanto mengenai pembangunan Masjid Agung tahap II di Simpang Empat Bundaran dilaksanakan dengan serapan APBD Rp 50 Milyar. “Mengenai total keseluruhan pembangunan PU CK untuk 2008 di pusat pemerintahan dan agropolitan centyer dan lima distrik menelan anggaran Rp 80 milyar,” terangnya.
 Ristanto menambahkan, total APBD tersebut terdapat anggaran pembangunan sarana air minum di Muara Beliti. “Juga dibangun sarana air minum di pedesaan (IKK) dengan menggunakan dana APBN, APBD Provinsi dan APBD Mura di tiga desa yakni Desa Napal Melintang, Batu Gane, dan Suka Cinta,” tukasnya.(ME04)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More