29 September 2008

Pososi Jhony Kenyong Makin Sulit


*DPD Golkar Mantapkan Lilian Nomor 1
LUBUKLINGGAU-Posisi Jhony Kenyong, Sekretaris Partai Golkar pada daftar Caleg Golkar di Dapil (daerah pemilihan) II makin sulit. Upayanya memperjuangkan Nomor satu satu di Dapil II yang diambil alih Lilian Mardalena kian berat. Sebab KPU Kota Lubuklinggau tetap mengacu kepada nomor urut yang diajukan DPD Partai Golkar Lubuklinggau dimana Lilian Mardalena menempati nomor urut satu sedangkan dirinya nomor urut dua, hasil klarifikasi dengan Sekretaris DPD Golkar Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Amin Rozak. 
  Namun demikian persoalan tidak berhenti sampai di situ saja. Pasalnya Jhony Kenyong akan terus berupaya menemui Ketua DPD Golkar Provinsi Sumsel, Ir H Alex Noerdin, SH untuk meminta kepastian terkait penetapan nomor urut Caleg Golkar di Kota Lubuklinggau. Ini dilakukan sebab menurut Jhony, hasil musyawaran di DPD Golkar Linggau ditetapkan dirinya menduduki nomor urut satu di Dapil II. 
 Devisi Tehnis KPU Lubuklinggau, Aspuda Ferdiansie SP kepada Musirawas Ekspres Minggu (28/9) mengatakan berdasarkan hasil klarifikasi KPU dengan Sekretaris DPD Golkar Sumsel, Amin Rozak, DPD Golkar Sumsel tetap membenarkan bahwa Lilian Mardalena berada di nomor urut I dan Jhony Kenyong nomor urut II, untuk Dapil II. "DPD Golkar Sumsel membenarkan nomor urut tetap sesuai dengan susunan DPD Golkar Kota Lubuklinggau," kata Aspuda. 
 Perlu diketahui kedatangan anggota KPU Linggau menemui Sekretaris DPD Golkar Sumsel sifatnya klarifikasi. Karena sudah ada persetujuan maka KPU Linggau tetap berpatokan dengan keputusan Sekretaris DPD Golkar Sumsel tersebut. 
 Pastinya, persetujuan sudah ada, selanjutnya KPU Linggau tinggal meminta perubahan Berita Acara (BA) pengajuan bakal calon (Balon) legislatif dari DPD Golkar Lubuklinggau yang disampaikan ke KPU Lubuklinggau. Perubahan BA tersebut harus ditandatangani Ketua dan Sekretaris DPD Golkar Lubuklinggau yang tidak lain Jhony Kenyong. "BA harus ditandatangani Ketua dan Sekretaris DPD Golkar Linggau," tegasnya.
 Mengenai klarifikasi yang tidak langsung dilakukan terhadap Ketua DPD Golkar Sumsel, Ir H Alex Noerdin, Aspuda mengatakan karena yang bersangkutan sedang berobat ke Singapura. Makanya klarifikasi dilakukan dengan Sekretaris DPD Golkar Sumsel. 
 Terpisah Sekretaris DPD Golkar Linggau, Jhony Kenyong, mengatakan kendati sudah ada keputusan dari Sekretaris DPD Golkar Sumsel, ia tetap akan menghadap Ketua DPD Golkar Sumsel, Ir H Alex Noerdin. Diakuinya Ketua DPD Golkar Sumsel yang berobat ke Singapura akan segera pulang. Direncanakan, Minggu (28/9) malam dirinya akan bertemu dengan Ketua DPD Golkar Sumsel.  
 “Kalau memang sekretaris DPD Golkar Sumsel, mengatakan seperti itu, berarti BA-nya harus dirubah. Perubahan BA itu harus ditandatangani Ketua dan Sekretaris DPD Golkar Kota Lubuklinggau. Tidak bisa BA-nya ditanda tangani Wakil Ketua atau Wakil Sekretaris DPD Golkar Lubuklinggau. Atau salah satu pimpinan Golkar seperti Ketua DPD Golkar Lubuklinggau yang menandatangani tidak bisa," terangnya. 
  Makanya untuk memastikan apakah sesuai dengan kata Sekretaris DPD Golkar Sumsel, ia langsung akan konvirmasi dengan Ketua DPD Golkar Sumsel. Upaya itu tidak lain untuk mencari kebenaran mengenai nomor urut yang dirubah tanpa adanya musyawarah pengurus Golkar Kota Lubuklinggau. 
 Sebagaimana diketahui KPU Lubuklinggau terpaksa menunda penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) untuk Partai Golkar Kota Lubuklinggau. Pemicunya terjadi kekisruhan di tubuh pengurus partai berlambangkan pohon beringin ini terkait penetapan nomor urut Caleg. Pastinya antara Ketua Partai Golkar Linggau, Mahmud SH dengan Sekretaris, Jhoni Kenyong belum ada kesepakatan masalah nomor urut di Dapil II. 
 Kekisruhan ini mencuat akibat Sekretaris Golkar yang sebelumnya mendapatkan nomor urut 1 ternyata digeser menjadi nomor urut 2 digantikan Dra Lilian Mardalena, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Lubuklinggau. Akibatnya KPU Linggau harus meminta penjelasan dari DPD Partai Golkar Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menyelesaikan permasalahan itu. (ME-02)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More