29 September 2008

Listrik 600 Rumah di SS Padam

*Alat Elektronika dan Lampu Rusak
LUBUKLINGGAU–Sekitar 600 rumah di Kelurahan Jawa Kanan SS, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, sejak Sabtu (27/9) sekitar pukul 19.00 WIB hingga Minggu (28/9) sekitar pukul 14.00 WIB tidak bisa menikmati aliran listrik. Selain itu banyak warga menderita kerugian lantaran televisi rusak serta lampu mereka meledak, akibat naik turunnya tegangan listrik.
 Informasi yang diterima Musirawas Ekspres, awalnya adanya pemadaman listrik oleh pihak PLN. Namun tidak lama selanjutnya listrik kembali menyala, saat itulah tegangan turun naik hingga banyak alat elektronik dan lampu rusak. “Banyak televisi yang jebol, juga kipas angin, dan alat elektronik lainnya,” jelas salah seorang warga Rendi.
 Ditambahkannya warga sudah memberitahukan hal ini kepada PT PLN, namun karena adanya permasalahan teknis, PLN tidak langsung membehani permasalahan itu. “Yang jelas kami perkirakan sekitar 600 rumah yang rela dipadamkan arus listriknya,” jelasnya.
 Terpisah Manejer PT PLN Ranting Lubuklinggau Eddy Juarsah SE, saat dikonfirmasi Musirawas Ekspres Sabtu (27/9) malam, membenarkan adanya gangguan arus listrik di Jawa Kanan SS. Namun peramasalahannya jalur tegangan rendah yang rusak sangat dekat dengan jalur tegangan tinggi. 
 “Kita tidak mau gegabah, karena perhitungannya sangat tinggi sekali. Kalau kita perbaiki, maka separoh kota Lubuklinggau akan padam. Sedangkan bila kita paksakan, untuk memperbaiki pada malam hari bukan tidak mungkin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya petugas kami yang kesetrum,” terang Eddy. 
 Hal-hal inilah yang membuat pihak PT PLN mengambil inisiatif untuk memperbaiki jaringan listrik tersebut pada pagi hari. “Kita juga sudah memberikan peringatan dan pengumuman kepada warga untuk sementara (satu malam, red) tidak menghidupkan peralatan elektronika. Karena berpotensi mengalami kerusakan bila dihidupkan. Dan ini juga sudah kita sosialisasikan kepada warga, yang kebetulan beberapa warga di daerah Jawa Kanan SS, adalah petugas PT PLN,” terang Eddy. 
 Mengenai kerusakan yang terjadi pada peralatan eletronik warga, dijelaskan Eddy hal tersebut bukannya kesalahan yang disengaa melainkan kesalahan yang tidak disengaja.(ME-03) 

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More